Trik Sederhana Memupuk Kemandirian Anak

Selasa, 26 November 2019 - 12:15 WIB
Trik Sederhana Memupuk Kemandirian Anak
Trik Sederhana Memupuk Kemandirian Anak
A A A
JAKARTA - Orangtua manapun pasti ingin memiliki anak berprestasi. Prestasi ini hanya dapat diraih bila sejak kecil anak sudah dilatih kemandirian.

Usia ideal anak untuk dilatih kemandirian adalah 1-3 tahun. Dalam rentang usia tersebut, aktivitas sederhana seperti makan, memakai baju, dan merapikan mainan sendiri seharusnya sudah bisa dikerjakan oleh anak. Pola asuh orangtua, khususnya ibu, ikut menentukan tingkat kemandirian si buah hati.

Ada banyak cara untuk melatih kemandirian anak dan semuanya harus dimulai dari rumah. Berikut enam di antaranya:

1. Letakkan Barang pada Tempatnya
Kemandirian dapat dipupuk dengan cara melatih anak untuk meletakkan kembali barang-barang mainan pada tempatnya. Anda bisa mengajarkan anak melakukan kebiasaan ini tiap kali anak selesai bermain.
2. Merapikan Tempat Tidur
Merapikan tempat tidur boleh jadi menjadi tugas Anda setiap hari. Tugas ini tentu bisa diajarkan kepada anak. Caranya, ajaklah anak Anda untuk melakukan hal tersebut setiap pagi. Berikan contoh bagaimana melipat selimut, merapikan tempat tidur, dan membuka jendela di pagi hari lalu menutupnya pada malam hari.
3. Membersihkan Rumah
Cara lain untuk mengajarkan anak-anak bersikap mandiri adalah dengan mengajak mereka membersihkan rumah. Hal itu bisa Anda lakukan pada saat hari libur, misalnya. Lakukan kegiatan tersebut bersama seluruh anggota keluarga, sehingga anak akan merasa termotivasi untuk ikut bersih-bersih rumah.
4. Meletakkan Pakaian Kotor
Ajarkan anak Anda untuk meletakkan pakaian kotornya di tempat yang telah disediakan. Sediakan tempat pakaian kotor khusus untuk anak Anda supaya dia selalu ingat ketika akan ganti baju, dan meletakkan baju kotor ke tempatnya.
5. Menyiapkan Bekal Sekolah
Sekali-kali ajak anak menyiapkan bekal sekolahnya bersama dengan Anda. Kegiatan ini selain memupuk kemandirian, juga dapat meringankan beban Anda di pagi hari. Selain itu, ajaklah anak Anda untuk belajar mandiri dengan memasukkan buku-buku pelajarannya sendiri di malam hari.
6. Menyiapkan Makanan
Menyiapkan makanan bagi keluarga termasuk tugas ibu sehari-hari. Tapi, bukan berarti anak tidak bisa dilibatkan. Sebagai orangtua, khususnya seorang ibu, sudah pasti Anda tiap hari harus menyiapkan makanan bagi seluruh anggota keluarga. Nah, di situ Anda bisa mengajak anak untuk membantu menyiapkan makanan di meja makan. Ajarkan anak Anda membantu mengangkat benda yang ringan dulu dan perabotan yang tidak mudah pecah. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan anak untuk mengambil makanannya yang telah tersedia di meja.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4211 seconds (0.1#10.140)